var id = "9312026ba0e2808b8aade8ad58d69a85fe2601e5"; class="post-template-default single single-post postid-72 single-format-standard no-slider content-r" layout='2'>

Chat Dokter Online 24 Jam: Suplemen untuk Lansia

Sudah uzur, ingin stamina tetap terjaga? Beberapa di antara kebanyakan lansia memilih suplemen untuk menjaga kesehatan tubuh dan tetap fit. Lansia sangat rawan terkena penyakit degeneratif, suplemen seperti apa yang dibutuhkan? Chat dokter online 24 jam, Anda akan diberi beragam pilihan suplemen sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Apa Saja Jenis Suplemen yang Dibutuhkan?

Suplemen makanan sebenarnya hanya tambahan nutrisi bagi tubuh. Jika konsumsi makanan sehat seimbang, tambahan suplemen tidak terlalu berpengaruh. Akan tetapi, tetap berbeda antara yang menggunakan suplemen dan tidak. Lantas suplemen apa yang dibutuhkan tubuh di masa tua? Berikut ini multivitamin yang bagus untuk lansia.

  • Kalsium

Sumber kalsium terbaik lebih banyak didapat dari makanan seperti susu, yogurt, kacang, sayuran hijau dan ikan. Kalsium memiliki peran penting dalam tubuh di antaranya membantu menjaga tulang dan gigi supaya tetap kuat mengingat gigi lansia mulai rapuh, membantu dalam pembekuan darah, dan kontraksi otot jantung.

Jika di usia senja kekurangan kalsium maka tulang akan rapuh dan mudah patah. Suplemen kalsium ini diperlukan bagi lansia jika kandungan kalsium dari makanan tidak terpenuhi.

  • Magnesium

Magnesium memiliki peran untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Tak hanya itu, magnesium juga membantu menstabilkan kadar gula darah. Tentu hal tersebut sangat membantu bagi penderita diabetes.

Untuk itu, multivitamin magnesium sangat penting bagi lansia. Kandungan ini banyak ditemukan kacang-kacangan dan sayuran.

  • Vitamin D

Kurangnya mobilitas lansia, membuat mereka kurang terpapar matahari. sinar matahari mampu memberikan asupan vitamin D bagi tubuh. Waktu yang tetap di pagi hari berkisar 7-8 selama 10 sampai 15. Tak jarang untuk lansia yang masih sehat, mereka banyak yang berjemur atau bersepeda.

Tak perlu khawatir, selain berjemur Anda juga mengonsumsi suplemen vitamin D. makanan seperti susu dan yogurt pun banyak mengandung vitamin ini. Biasanya lansia terkadang punya pantangan-pantangan makanan, nah di sinilah suplemen manjadi pilihan yang tepat. Untuk lebih amannya, Anda bisa chat dokter online dokter 24 jam untuk mendapatkan resep yang tepat.

  • Vitamin B12

Vitamin B12 memiliki mekanisme yang cukup kompleks. Untuk bisa terserap dengan baik oleh usus, vitamin ini perlu diikat oleh zat yang dikeluarkan oleh lambung. Jika lansia memiliki masalah pencernaan, asupan vitamin B12 akan terganggu sehingga lansia kekurangan vitamin ini.

Kekurangan vitamin B12 akan mengakibatkan kesemutan, anemia, gangguan saraf dan menyebabkan iritasi pada lidah. Sumber vitamin B12 yang terbaik adalah  dari makanan daging. Namun, Anda juga bisa mendapatkan vitamin ini dari suplemen.

  • Omega-3

Omega-3 termasuk asam lemak esensial yang penting untuk tubuh. Mineral ini tidak dapat diperoleh dari tubuh sehingga lansia harus memperolehnya dari suplemen atau makanan.

Biasanya banyak dijumpai pada salmon, sarden, tuna dan makarel paling sedikit penuhi 2 porsi perminggu.

Omega-3 beragam manfaat seperti menjaga kesehatan mata, otak, jantung, mampu mengencerkan darah dan menurunkan kadar kolestrol dalam darah.

Di usia senja, asupan yang dibutuhkan sangat penting untuk dipenuhi karena proses metabolisme lansia semakin melambat. Mengaja kesehatan dengan suplemen memang penting, tetapi itu akan jauh lebih baik saat sesuai dengan kadar dan dosisnya. Untuk itu, chat dokter online 24 jam di aplikasi Klikdokter untuk berkonsultasi secara gratis. Dapatkan pula info seputar kesehatan lengkap dengan mengunduh aplikasinya di Playstore. Tunggu apalagi, kesehatan adalah nomor satu.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>